Monday, December 29, 2014

Cara Termudah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan contohnya

Menulis surat lamaran kerja terutama dalam bahasa Inggris itu gampang-gampang susah. Diluar factor lucky, ada beberapa hal baku harus diperhatikan ketika ingin  menhasilkan sebuah surat lamaran pekerjaan yang penuh impressive.
cara mencari lowongan kerja
Mencari lowongan kerja sekarang bisa lewat media offline dan Online
 Surat lamaran kerja itu ibarat raut muka orang. Bagi pelamar kerja, surat inilah first impression yang harus dibangun agar kesempatan memperoleh interview lebih terbuka. Bayangkan saja kalau kita sebagai interviewe dan kemudian mendapati sebuah lamran yang tidak baku, amburadul, kosa katanya carut marut bahkan tidak bisa dimengerti atau sangat mudah dimengerti tapi namak jelas itu adalah hasil kopi paste. Bisa dipastikan surat itu tidak akan ditindak lanjuti.

Maka tidak ada kata lain selain harus memapu menghasilakan sebiah surat lamaran kerja yang baku sesuai dengan aturan dan konvensi umum serta harus unik, tidak sama persisi dengan surat-surat pelamar yang lain.

Untuk itu dalam kesempatan ini kita akan mengulas bagaimana cara menulis sebuah surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik dan sesuai dengan aturan baku umum. Bentuk sebuah surat kerja yang ditujukkan untuk melamar sebuah posisi seperti guru, architect, wartawan,  bahkan posisi pekerjaan non formal pun harus baku. Surat lamaran kerja itu termasuk formal letter.

cara menulis surat lamaran pakai komputer dan tulisan tangan
Surat lamaran kerja bisa ditulis pakai komputer atau denga tulisan tangan
Dalam menulis surat lamaran kerja, seorang pelamar harus mencantumkan hal hal sebagai berikut:
1. Sender Address
Sender address adalah alat pengirim surat yang ada dilama heading surat. Tulislah dengan lengkapa alamat yang digunakan bila perlu sesuaikan dengan alamat kontact.

2. Date, Motnh, and Year
Tanggal, sepertinya biasa tapi sangat krusial perannya dalam sebuah surat formal. Maka jangan pernah lupa memberikan tanggal ketika menulis surat lamaran kerja

3. Recipient Name and Address
Nama dan alamt penerima surat. Disamping ada alamt pengirim, surat lamaran kerja yang umum juga harus mencantumkan alamat penerima didalam heading surat.

4. Solutation
Salam pembuka yang harus disesuaikan kepada siapa surat itu akan dikirim. JIka tidak mengetahui siapa yang akan menerima, maka penulisan, Dear Sirs, bisa dipakai.

5. Heading / Subject
Ini adalah perihal. Meski dalam banyak contoh, perihal tidak disebutkan tapi untuk formaliatas dan kelengkapan form, perihal perlu utuk ditulis.

6. Letter Body
Disinilah letak dan peran utama sebuah surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Maka penulisannyapun harus lebih hati-hati. Ap saja yang harus ditulis dalam letter body ini? Beebrapa hal yang harus dimasukkan dalam inti surat lamaran adalah
a. Posisi pekerjaan yang diinginkan.
b. Informasi lowongan kerja yang dilamar
c. Kemampuan dan bcakground pendidikan
d. Fakta kecakapan pelamar dan pengalaman kerja sebelumnnya
e. Alasan dan keinginan menempati posisi yang sedang dilamar
f. Harapan untuk mendapat kesempatan interview

7. Complimentary Close
Adalah salam penutup diujung body letter. Umnya agak mirip dengan solutation. dan prakteknya bisa ditulis dengan kata kata "Yours Sincerely"

8. Signature
Tanda tangan. Hal terkahir yang harus selalu dipastikan akan keberadaaanya. Banyak yang sudah terjadi capek menulis surat, mengirimkannya akan tetapi lupa belom ditandatangani. Bisa dipastikan, inteviewee akan menayakan keseriusan si pelamar

9. Enclosure
Lampiran dokumen yang disertakan bersama surat lamaran kerja ini. Dokumen pendukung ijazah, sertifikan, surat referensi dari perusahaan sebelumnya bisa dilampirkan dan ditulis disini.
memasukkan surat lamaran pekerjaan ke dalam amplop setelah ditulis
Amplop untuk mengirim surat lamaran pekerjaan
Hal diatas adalah form baku sebuah surat lamaran kerja terutama dalam bahasa Inggris. Nah bagimana form itu bentuk jadinya? Yang pingin lanjut, bisa melihat contoh-contohnya dibawah untuk berbagai macam posisi dan jenis pekerjaan.
Surat lamaran kerja adalah representasi dari pelamar. Makan asa kejujuran dan apa adanya harus menjadi pegangan bagi penulis surat. Jangan sampai menulis sesutu yang sebenaranya tidak mampu dilakukan. Ini akan menjadikan situasi kerja diakan datan menjadi tidak nyaman.


No comments:

Post a Comment